Senin, 12 September 2016

Latihan Soal Menyimpulkan Isi paragraf

1.  Penguasaan  yang  mendalam  mengenai  bahasa merupakan  tolok  ukur  keberhasilan     seorang  wartawan.  Kemahiran  berbahasa  wartawan  akan memudahkannya memanipulasi bahasa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapainya. Pilihan kata yang tepat dapat membangkitkan emosi pembaca. Sebaliknya, pilihan kata yang ceroboh dapat menimbulkan reaksi yang tidak diharapkan.

Kesimpulan isi paragraf di atas adalah... .


2. Perlu dilakukan bimbingan bagi anak-anak untuk menggunakan internet secara sehat. Ini dimaksudkan agar anak-anak tidak tergiur dengan janji-janji manis teman-temannya di jejaring sosial. Penggunaan internet sehat juga dimaksudkan agar tidak terjadi kasus negatif bagi anak-anak. Kasus negatif terjadi karena lemahnya pengetahuan akan penggunaan internet secara sehat. Sebaiknya, sekolah bisa menambahkan ekstrakurikuler mengenai cara penggunaan teknologi secara sehat agar mereka memiliki pengetahuan dan bukan larangan.


Kesimpulan isi paragraf di atas adalah... .
 
3.  Manfaat atau fungsi hutan bagi kehidupan manusia secara langsung maupun tidak langsung sangat banyak dan beragam. Hutan sebagai sumber kayu dan hasil hutan lainnya memberikan manfaat ekonomi. Secara tidak langsung hutan akan memberikan pengaruh pada kehidupan di hilirnya. Selain itu, hutan juga mempunyai fungsi perlindungan terhadap air.
 
Kesimpulan isi paragraf di atas adalah... .
 
 
4. Tahu yang sering dikonsumsi mengandung formalin. Formalin dalam tahu 0,0005% kira-kira hanya satu tetes. Walau setetes, formalin tetap berbahaya bagi kesehatan. Selain terdapat dalam tahu, formalin juga dijumpai pada bakso. Makanan lain yang mengandung formalin antara lain mie basah dan kerang basah. Bila seseorang sering mengkonsumsi makanan tesebut, fungsi tubuh akan rusak. Bahkan, akan gagal ginjal atau terjangkit kanker hati.
 
Kesimpulan isi paragraf di atas adalah... .
 
5.  Letusan Gunung Merapi, Senin (1/11), menguak betapa banyak fenomena yang terjadi. Salah satunya adalah asap solfatara atau awan yang terlihat membentuk sebuah gambar tokoh pewayangan, Petruk. Asap itu dikenal dengan nama awan Mbah Petruk. Sekitar lima jam setelah kemunculan awan Mbah Petruk, Gunung Merapi tersebut meletus. Hal seperti itu terulang sampai dua kali.

Kesimpulan isi paragraf di atas adalah... .

6.  Sungai penting untuk kegiatan perikanan. Khususnya, di sungai besar yang menjadi tempat hidup beragam ikan dan hewan lainnya. Sungai besar ini menjadi tempat nelayan mencari mata pencaharian. Manfaat sungai dalam pertanian juga tidak kalah penting, yakni sebagai sumber irigasi. Kawasan-kawasan pertanian yang subur mendapatkan pengairan dari sungai. Belakangan manusia membendung sungai sebagai sumber irigasi dan pembangkit tenaga listrik. Pembuatan bendungan itu sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Kesimpulan isi paragraf di atas adalah... .
 
 7.  Sebuah  negara  perlu  diatur  dengan  sistem  pemerintahan  yang  dianggap  bisa  mengatasi dan  mengayomi masyarakat.  Salah satu sistem pemerintahan  te rsebut  adalah  demokrasi. Negara bisa menggunakannya. Negara yang masyarakatnya berpendidikan cukup,  sistem demokrasi  bisa  memajukan  negara.  Akan  tetapi,  negara  yang  masyarakatnya  masih kurang berpendidikan, demokrasi adalah suatu bencana. 
 
 Kesimpulan isi paragraf di atas adalah... .
 
8. Peringatan Hari Buruh tanggal 1 Mei 2009 akan di isi dengan aksi buruh. Salah satu isu yang akan di angkat adalah masalah tingginya ke-timpangan Jamsostek. Penyediaan Jamsostek hingga saat ini masih jauh dari harapan. Dari 30 juta pekerja di sektor formal di Indonesia, yang terdaftar mengikuti Jamsostek baru 9 juta orang. Kondisi itu menunjukkan masih banyak perusahaan yang mengabaikan kewajibannya. Diperlukan sosialisasi dan tindakan tegas oleh pemerintah terhadap perusahaan yang mengabaikan Jamsostek.

 Kesimpulan isi paragraf di atas adalah... .
 
9Pada umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Biasanya, terkait dengan tanda-tanda penyakit saluran napas lainnya. Seperti, hidung tersumbat atau batuk. Kebanyakan sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu agar lebih nyaman ketika sakit, dapat dilakukan dengan minum air hangat yang diberi air perasan jeruk lemon dan madu.
 
Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
 
10.  Tidur merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat. Orang yang tidur 8 jam per malam, bisa dipastikan lebih sehat dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam. Tidur yang baik memulihkan sistem imun. Ketika tidur pulas di malam hari, kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.
 
 Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar